Sabtu, 25 Juni 2011

Seminar Nasional KEI FE UNS "Etika Bisnis Islam dalam Dunia Perbankan, antara Idealita dan Realita"

Ada kabar baru tentang kegiatan rutin KEI FE UNS. Sabtu, 11 juni 2011, KEI baru saja mengadakan seminar nasional dengan tema Etika Bisnis Islam dalam Dunia Perbankan, antara Idealita dan Realita. seminar ini merupakan salah satu rangkaian acara dari kegiatan MUREG FoSSEI. Acara yang berlangsung di Aula FE UNS itu berlangsung sesuai yang diharapkan. Pembicara yang dihadirkan untuk mengisi acarapun bukan sembarang orang. Seperti ketua PSEI (Pusat Studi Ekonomi Islam) yaitu Dr. Salamah Wahyuni, SU. Beliau yang berkesempatan menjadi keynote speaker, menjelaskan mengenai penjelasan umum etika bisnis Islam di Indonesia dan pernyataan sikap PSEI (Pusat Studi Ekonomi Islam). Sedangkan narasumber yang dihadirkan dalam seminar tersebut,  ada 3 orang. Narasumber yang pertama yaitu Prof. Dr. Muhammad, M.Ag, beliau adalah Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Yogyakarta. Beliau menyampaikan materi mengenai Pentingnya Mendorong Praktek Etika Bisnis Syariah di Bank Syariah. Lalu pembicara selanjutnya Dwiyanto, Akt. Msi. Beliau adalah Peneliti Madya dari Direktorat Perbankan Syariah Bank Syariah, Jakarta, yang berkesempatan  membahas mengenai Etika Bisnis dalam Regulasi Perbankan Syariah. Yang selanjutnya adalah Relationship manager BMI Solo, Aryo Wahjoe Seto, yang menyampaikan mengenai Etika Bisnis dengan Studi Kasus Muamalat dan juga menjelaskan mengenai Bank Muamalat Indonesia itu sendiri. Mungkin pembicara yang hadir tidak sesuai dengan informasi seminar yang telah tersebar, tetapi materi yang disampaikan oleh para pembicara di atas tetap berhubungan dengan tema yang telah ada.
Oiya, dalam sebuah seminar, tentunya terdapat peserta seminar. Peserta seminar yang hadir termasuk delegasi yang dikirim oleh setiap KSEI, yang nantinya akan mengikuti Musyawarah Regional, sebanyak 182 orang dari 204 pendaftar. Walau ada beberapa pendaftar seminar yang tidak bisa hadir, namun seminar tetap berjalan sesuai dengan yang telah dijadwalkan panitia.
Tak lupa diharapkan dengan adanya seminar tersebut, akan menambah wawasan tentang etika bisnis Islam dalam dunia perbankan dan tentunya tentang ekonomi Islam atau ekonomi syariah itu sendiri.

0 Pendapat: