Selasa, 01 Mei 2012

Biografi Prof Dr. H. Bambang Setiaji, MS



Pada tahun 2003, ketika dirinya baru berusia empat puluh tujuh tahun,diraihlah predikat Guru Besar Bidang Ekonomi Tenaga Kerja, bahkan pada awal tahun 2005, disandanglah jabatan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta hingga sekarang. Itulah Prof. Dr. Bambang Setiaji, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.  
Lahir di Pacitan, 24 Desember 1956 dari pasangan ibu bernama Tentrem dan ayah bernama Harsono (alm) seorang guru dan Kepala Sekolah SD Tulakan Pacitan. Dari latar belakang guru inilah Bambang kecil dididik untuk selalu menghargai pendidikan sebagai sebuah bekal untuk menghadapi masa-masa mendatang agar lebih bermanfaat.
Dihabiskannya waktu muda untuk menempuh pendidikan SD, SMP, dan SMA di Pacitan, baru kemudian hijrah ke Solo untuk mengikuti pendidikan Strata satu jurusan IESP Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret. Setelah lulus dari UNS tahun 1984, Bambang menuju Jogja untuk mengikuti jenjang strata dua di jurusan IESP Universitas Gadjah Mada, lulus tahun 1989. Kemudian berlanjut terus pada jenjang S-3 di Universitas yang sama hingga merah gelar Doktor pada tahun 2001. Disela-sela kegiatanya mengikuti pendidikan regular, Bambang masih sempat pula mengikuti Short Course (Labor Ecomomiocs and Development Economic) di Monash University Australia bulan Januari hingga April 1998.

Dari pernikahannya dengan Menuk Hardiningsih, lahirlah enam anak yakni Ibrahim Patwa Wijaya, Dina Istova, Anisah Ajriya, Ali Muh.Sidiq, Yusuf Syifaurrahman, dan Rayhan.Terhadap anak-anaknya tersebut diakui Bambang bahwa dirinya tidah memiliki waktu khusus yang sifatnya rutin untuk rekreasi keluar rumah, tetapi diusahakan agar waktu kebersamaan di rumah dan sesekali makan bersama diluar tetap dijaga kualitasnya. Padatnya kegiatan kantor memaksa Pak Bambang harus benar-benar cermat didalam mengalokasikan jam keluarga, kadang-kadang hal itu membuat dirinya merasa penat dan lelah, maka untuk mengatasi itu,dirinya sengaja renang dulu sebelum ke kantor, maka akan diperoleh kesegaran badan hingga sore hari.

Prof. Dr. Bambang Setiaji merintis karir kerja dimulai dari tahun 1980 di Risearch Bereau Indonesia (PT Unilever), kemudian tahun 1981-1984 sebagai guru Mualimin Muhammadiyah, STM Muhammdiyah, selanjutnya tahun 1984-1987 sebagai sekretaris Badan Koordinasi Kemahasiswaan/Ketua UP UMS. Tahun 1989 sebagai ketua LPM UMS, 1989-1992 menjabat Dekan Fakultas Ekonomi UMS, 1992-1996 dipercaya sebagai Pembantu Rektor bidang Akademik UMS, 1999-2002 ditugaskan untuk menjadi Direktur Pelaksana Program MM-UMS / Wakil Direktur Program Pasca Sarjana UMS, selanjutnya pada 1 Januari 2005 dipercaya sebagai Rektor UM

Sumber : http://ika.uns.ac.id/profil1.php

Nilai Artikel

1 Pendapat:

Mulyoto SE mengatakan...

Teladan ank cucu