Minggu, 23 Januari 2011

Selayang Pandang Mengenai KEI FE UNS 2011

KEI adalah singkatan dari Kajian Ekonomi Islam yaitu salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang bernaung di bawah Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, sehingga nama resminya adalah UKM KEI FE UNS. Dengan demikian, KEI adalah sebuah organisasi kemahasiswaan khususnya di bidang keilmiahan yang mempelajari dan mengikuti  perkembangan Ekonomi Islam. Sebutan umum dari keorganisasian ini adalah Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI), dan karena KEI berkegiatan di lingkup UNS maka KEI adalah KSEI-nya UNS.
KEI FE UNS secara resmi berdiri sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa pada tanggal 6 Mei 2002. KEI bersama KSEI UI, Unpad, UGM, Unair, dan Unibraw ikut berkontribusi dengan membidani lahirnya wadah Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI). Dengan adanya FoSSEI, diharapkan semakin memantapkan perjuangan bersama KSEI-KSEI dalam pembumian Ekonomi Islam di Indonesia.
Selain FoSSEI juga terdapat sebuah komunitas lain yang bergelut dibidang penegakan gerakan Ekonomi Islam yaitu komunitas Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang berisikan praktisi, akademisi, ustadz, KSEI, dan tentunya masyarakat umum yang bersama-sama membangun komunitas untuk mengembangkan Ekonomi Syariah/Ekonomi Islam. KEI FE UNS juga banyak memiliki prestasi dalam lingkup regional, nasional, dan internasional. Hal ini dibuktikan dengan acara KEI pada bulan Oktober 2009 yang lalu, dimana KEI FE UNS berhasil menyelenggarakan rangkaian acara dua tahunan yaitu SETiA (Sharia Economics Triumph Activities). Acara ini merupakan rangkaian dari seminar internasional (Salah satu pembicara dari IIUM Malaysia dan dihadiri kurang lebih 800 orang), LKTI Nasional, Field Trip, dan Rakernas FoSSEI. Disamping itu juga, KEI FE UNS telah berhasil mendelegasikan wakil-wakilnya dalam kegiatan ilmiah ekonomi Islam ke seluruh penjuru Indonesia

2 Pendapat:

andri mengatakan...

Usul.. websitenya dikasih readmore dong,. biar agak ringkas dan g terlalu berat untuk nge load

KEI FE UNS mengatakan...

udaahh.. :)